Media Sosial dan Pemasaran Pariwisata Serasi di Surga Digital

2017-10-10 11:06:03  | by Team | Phuture Prime's News
featured image


Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memiliki dampak dramatis pada cara kita mengalami dunia di sekitar kita. Namun, hanya sedikit industri yang mempresentasikan peluang pemasaran yang signifikan seperti pariwisata.

Media sosial dan pemasaran pariwisata memang merupakan pertandingan yang dibuat di surga digital.

Mengapa?

Sebagai permulaan, perjalanan adalah salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di jejaring sosial "The Big 3" (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Orang suka berbagi pengalaman dan perjalanan baru penuh dengan mereka. Kami juga suka menceritakan jaringan kami tentang rencana perjalanan kami yang akan datang dan mengenang mereka setelah kami kembali.

Tapi bagaimana Anda memanfaatkan alat yang hebat ini?

Bagaimana Anda bisa memanfaatkan dorongan alami untuk berbagi tentang segala hal yang berjalan dan menggunakannya untuk meningkatkan keuntungan Anda?

Itulah yang sedang kita bicarakan hari ini, jadi nantikan terus dan kami akan membuat pakar pemasaran media sosial dari Anda!

Mengapa Media Sosial SANGAT Efektif

Dari mulut ke mulut sudah lama menjadi bentuk pemasaran yang paling efektif. Mengapa?

Karena orang membeli dari merek yang mereka percaya.

Sementara seseorang bisa dengan mudah mengabaikan iklan Anda, rekomendasi atau ulasan rekan pada media sosial bisa dengan mudah membuat mereka berpikir tentang bagaimana mereka bisa mengikuti jejak teman mereka dan menjalani pengalaman menarik yang sama seperti mereka membaca hal-hal hebat semacam itu.

Orang cenderung memiliki ketidakpercayaan umum terhadap iklan akhir-akhir ini. Media sosial memungkinkan Anda untuk melewati perasaan itu dan melompat langsung ke titik menjadi sumber terpercaya untuk petualangan dan kegembiraan atau istirahat dan relaksasi.

Media sosial dan pemasaran pariwisata tidak perlu merasa seperti beriklan. Sebaliknya, media sosial memungkinkan orang untuk berbagi wasiat tertulis dengan kualitas merek Anda yang paling menakjubkan, berbagi foto dan video pengalaman mereka, dan menangkap hati dan imajinasi jaringan mereka tidak seperti iklan yang pernah ada.

5 Cara Media Sosial Telah Berubah Pemasaran Wisata Selamanya

Sebelum kita membahas bagaimana Anda bisa menggabungkan media sosial dan pemasaran pariwisata secara sempurna, kita perlu memahami bagaimana media sosial telah mengubah pemasaran pariwisata.

Penelitian Perjalanan

Cara pelancong melakukan penelitian perjalanan mereka telah berubah. Mereka tidak hanya melakukan hampir semua perencanaan online mereka, mereka sering beralih ke media sosial untuk mengajukan pertanyaan. Anda mungkin tidak menganggap situs seperti TripAdvisor sebagai platform media sosial yang optimal, namun ini benar-benar jaringan sosial. Its 390 juta pengguna unik / pengunjung dapat membuktikan hal itu.

Konon, semakin banyak orang beralih ke jejaring sosial tradisional untuk meminta dukungan saat merencanakan petualangan mereka yang akan datang. Mendokumentasikan perjalanan dengan smartphone dan kamera DSLR berkualitas tinggi tidak pernah semudah ini. Foto dan video perjalanan termasuk jenis konten paling populer yang dibagikan secara online, dan tempat yang paling populer untuk dibagikan ada di jaringan sosial teratas.

Bahkan mereka yang tidak memposting konten media memposting komentar di Facebook atau mengirim tweet ke Twitter tentang pengalaman mereka. Baru-baru ini, platform media sosial juga menjadi sumber yang bagus untuk mengumpulkan informasi tentang destinasi, akomodasi, aktivitas, makan, dan banyak lagi.

Rekomendasi Facebook

Meski belum tentu spesifik untuk bepergian, fitur Saran Facebook memungkinkan pengguna untuk meminta saran dari rekan-rekan mereka. Pengguna mengumpulkan umpan balik dari jaringan mereka dalam segala hal mulai dari hotel hingga perlengkapan perjalanan menuju tujuan itu sendiri.

Seperti yang Anda bayangkan, tetap berada di dalam platform Facebook yang akrab jauh lebih menarik daripada harus menjelajahi situs web baru untuk mendapatkan informasi. Dengan demikian, banyak orang cenderung mencari bantuan di Facebook melalui rekomendasi rekan, kemudian menggunakan sumber sekunder untuk mengisi kesenjangan informasi.

Discovery Tujuan Melalui Berbagi Sosial

Ya, banyak sekali pelancong yang sengaja beralih ke media sosial untuk membantu merencanakan perjalanan mereka, namun media sosial juga merupakan sumber inspirasi bagi calon pelancong tanpa tujuan.

Berapa banyak orang yang melamun meninggalkan rutinitas mereka selama seminggu di surga, tapi belum tahu pasti ke mana mereka akan pergi, kemana mereka akan tinggal, apa yang akan mereka lakukan? Bicara tentang kesempatan sempurna untuk menanam benih dalam pikiran bersemangat mereka yang pada akhirnya bisa tumbuh menjadi liburan penuh!

Kami akan membahas lebih lanjut tentang cara mendapatkan pelanggan Anda saat ini berbagi tentang merek Anda dan menanam benih ini di bagian yang akan datang ... tetap ikuti petunjuknya.

Platform Layanan Pelanggan Sempurna

Salah satu yang paling tidak dibicarakan - tapi yang paling penting - bagaimana media sosial mengubah pemasaran pariwisata adalah kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan yang superior. Media sosial memungkinkan merek mengajukan pertanyaan, komentar, dan kekhawatiran lapangan di satu tempat, selama berjam-jam dalam sehari sesuai keinginan mereka, dan menunjukkan profesionalisme mereka pada saat bersamaan.

Mengarahkan pelanggan atau calon pelanggan Anda ke halaman Facebook, misalnya memberi Anda kesempatan untuk memberikan dukungan instan melalui Komentar atau Messenger saat masalah muncul. Salah satu manfaat tambahannya adalah Anda bisa mengatasi masalah ini secara terbuka dan mengembangkan reputasi layanan dan profesionalisme berkualitas dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Tahukah Anda bahwa ketika orang menjangkau merek secara sosial, lebih dari 50% mengharapkan jawaban? Bagaimana dengan jumlah itu yang mendaki ke lebih dari 75% saat mereka mengulurkan tangan dengan keluhan?

Orang-orang mengharapkan merek Anda untuk mendengar apa yang mereka katakan tentang sosial. Sebenarnya, konsep Layanan Pelanggan Media Sosial adalah masalah besar yang baru-baru ini kami tulis dengan sebuah artikel yang sangat bermanfaat tentang bagaimana melakukannya dengan benar.

Agen Perjalanan Reboot

Menurut sebuah artikel dari Entrepreneur, agen perjalanan masih bertanggung jawab atas 55% dari semua pemesanan maskapai penerbangan, dan lebih banyak lagi pelayaran dan pemesanan paket perjalanan. Namun, dengan kemudahan pemesanan online, mereka harus beralih ke model online, yang bisa mendapatkan keuntungan besar dari pola media sosial dan pemasaran pariwisata.

Agar tetap relevan, agen perjalanan online harus menggunakan media sosial untuk menunjukkan kemampuan mereka untuk memberi pengalaman unik kepada pelanggan mereka sehingga orang mungkin mengalami masalah dalam mendapatkan keamanan tanpa bantuan profesional.

Seiring pertumbuhan milenium, semakin banyak populasi perjalanan, yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan unik mereka harus menjadi prioritas utama. Milenium terus menunjukkan apresiasi terhadap pengalaman mengenai hal-hal materi, sehingga mengambil halaman dari buku pedoman AirBnB adalah awal yang baik.

Alih-alih hanya menampung tamu di akomodasi, layanan pemesanan besar-besaran baru saja menambahkan pengalaman ke daftar penawaran mereka. Wisatawan dapat menyewa penduduk setempat untuk menunjukkan lokasi unik, aktivitas, atau orang-orang yang membuat tujuan mereka begitu hebat.

Agen perjalanan adalah broker pengalaman asli, jadi menemukan kembali jenis aktivitas yang dapat mereka atur untuk pelanggan mereka akan membantu menjaga bisnis Anda tetap relevan dalam industri perjalanan swalayan. Ingat, bantu orang melakukan hal-hal yang mereka inginkan tapi mungkin tidak bisa melakukannya sendiri dan Anda akan selalu diminati.

Berbagi Program

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, kami memiliki program sharing sosial. Anda bukan satu-satunya orang yang menyadari betapa berharganya ulasan positif pelanggan Anda. Sebagian besar pelancong juga mengerti bahwa kata-kata mereka patut bernilai cukup untuk merek yang mereka sebutkan.

Sebenarnya, banyak pelancong saat ini sudah mengharapkan untuk menerima beberapa bentuk kompensasi atau keuntungan jika ditukar dengan ulasan atau berbagi mereka di media sosial. Dengan demikian, orang terbiasa dengan langkah-langkah posting, pemberian tag hash, dan verifikasi bagian mereka dengan staf hotel atau atraksi untuk menebus hadiah mereka.

Ini sama sekali tidak ada satu dekade yang lalu, tapi hari ini merek Anda hilang jika Anda tidak memanfaatkan kemauan orang untuk berbagi dengan jaringan mereka. Manfaatnya jauh lebih besar daripada biaya, jadi apa yang harus Anda kehilangan?

3 Tips Memaksimalkan Media Sosial dan Pemasaran Pariwisata

Sekarang setelah kami membahas mengapa media sosial dan pemasaran pariwisata berjalan begitu baik bersama, mari kita lihat cara Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan keuntungan Anda.

1 - Mencari Saham

Kami baru saja selesai berbicara tentang sharing program, jadi mari kita ambil dari mana kita tinggalkan. Anda jauh lebih mungkin membuat pelanggan berbagi tentang merek Anda jika Anda secara aktif memberi insentif berbagi, ini yang kami ketahui.

Lantas apa jenis insentif yang kita bicarakan?

Misalnya, hotel Anda bisa memberikan minuman gratis dari bar, sarapan pagi dari restoran, tiket ke tempat wisata yang hemat biaya, atau antar-jemput gratis ke bandara saat mereka pergi.

Bagaimana kita mendapatkan kata keluar?

Ingat, Anda hanya akan mendapatkan saham tambahan jika Anda memintanya. Tidak ada gunanya menerapkan program insentif jika pelanggan Anda tidak mengetahuinya. Di contoh hotel kami dari atas, Anda bisa memasang tanda di meja depan, meja di restoran, di bar, di kamar tamu, dan sebagainya.

Anda juga ingin mengirim email kepada tamu baru (melalui email yang mereka gunakan untuk memesan kamar mereka) pada hari setelah mereka check in. Berpikir dua kali tentang memposting program penghargaan berbagi sosial Anda di akun media sosial Anda karena hal itu dapat menunda calon pelanggan yang memiliki Belum mengalami pengalaman bagus yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Anda tidak ingin tampil seperti Anda membeli ulasan yang membantu mempengaruhi keputusan mereka untuk menggurui merek Anda.

Lagi pula, bukan itu program sharing Anda. Tujuan Anda adalah untuk membuat lebih banyak orang berbagi ulasan dan pos sosial yang jujur ??tentang pengalaman mereka dengan merek Anda sehingga Anda dapat meningkatkan keseluruhan keterpaparan dan kesadaran merek Anda.

Jangan membuat program di mana pelanggan Anda harus meninggalkan ulasan bintang 5 untuk mendapatkan insentif mereka. Sebagai gantinya, mintalah mereka untuk memposting foto atau video menarik yang relevan dengan merek dan industri Anda dengan hashtag yang unik. Pastikan mereka memberi tag Anda di pos mereka sehingga jaringan mereka terpapar pada bisnis Anda.

2 - Siapkan Umpan Balik Negatif

Cara lain yang bagus untuk tetap berada di depan permainan adalah mempersiapkan yang tak terelakkan. Tidak ada bisnis dalam sejarah yang dapat menyenangkan setiap pelanggan tunggal. Akan selalu ada orang yang menghadapi masalah atau hanya mencari alasan untuk mengeluh.

 

Alih-alih membiarkan mereka melakukannya, bersiaplah untuk menanggapi dengan cara terbaik. Bersiaplah untuk setiap kemungkinan masalah yang bisa Anda bayangkan akan salah dan latih tim Anda untuk menangani mereka dengan penuh percaya diri.

Tapi bagaimana jika mereka belum menghubungi Anda secara langsung?

Nah, kita juga punya sesuatu untuk membantu Anda melakukannya. Mendengarkan sosial adalah pemantauan aktif saluran sosial untuk menyebutkan nama merek Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menangkap orang-orang yang belum secara aktif mengulurkan tangan dengan permintaan atau keluhan formal, namun telah menyebutkan merek Anda di tweet negatif atau pos Facebook, misalnya.

Wow mereka yang tidak pernah mengharapkan balasan dengan menanggapi dengan solusi atas masalah mereka. Anda mungkin bisa pulih dari situasi negatif, mengubah pelanggan yang tidak puas menjadi penggemar yang mengoceh, dan menunjukkan jaringan mereka bahwa merek Anda berjalan di atas dan di luar untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

3 - Pengunjung Wow SEBELUM Mereka Berkeliling

Cara lain yang bagus untuk menggunakan variasi pendengar sosial adalah dengan menemukan pelancong yang merencanakan perjalanan ke kota atau kota Anda. Mencari hashtag yang terkait dengan lokasi Anda pasti akan membantu Anda menemukan orang masih dalam tahap perencanaan perjalanan mereka.

Kami akan membahas lebih lanjut tentang membuat konten untuk mendukung media sosial dan pemasaran pariwisata Anda di bagian berikutnya, namun ini adalah saat yang tepat untuk memberikan panduan orang dalam Anda ke kota Anda, lembar tip pengunjung, atau perencana perjalanan untuk ini segera-sampai -banyak pengunjung.

Anda akan membina hubungan, membangun kepercayaan, dan membuka jenis pengalaman pelanggan yang dapat mereka harapkan dari merek Anda.

Membuat Konten untuk Merek Perjalanan Anda

Pemasaran konten telah membawa dunia pemasaran dengan badai dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda tidak berpartisipasi secara aktif, Anda mungkin memang begitu.

Namun, kami di sini untuk membicarakan jenis konten yang ada di luar blog.

Sumber daya yang dapat didownload

Salah satu cara terbaik untuk memberikan nilai awal kepada pelanggan calon pelanggan adalah melalui sumber yang dapat didownload seperti panduan, lembaran tip, dan perjalanan contoh yang kami sebutkan di atas. Hotel dari contoh kami dapat memutuskan untuk membuat jadwal perjalanan sampel berdasarkan personalia pembeli mereka.

Sebagai contoh, sebuah hotel yang melayani pasangan dapat menyusun rencana perjalanan sampel untuk liburan akhir pekan romantis yang sempurna termasuk restoran romantis terbaik, tempat terbaik untuk menikmati malam musik dan minuman yang keren, dan tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Anda mendapatkan gambarnya.

Anda kemudian dapat membagikan panduan, penawaran, dan sebagainya ini, dengan calon pelanggan yang Anda temukan melalui mendengarkan sosial dan mulai memberikan nilai tanpa mereka merasa dijual. Semakin banyak nilai yang bisa Anda berikan dimuka, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan kepercayaan orang dan kemungkinan besar mereka akan membeli dari Anda.

4 Cara Cepat dan Terlibat Membuat Konten untuk Media Sosial

Kita tidak bisa membicarakan media sosial dan pemasaran pariwisata tanpa meliput jejaring sosial itu sendiri. Mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan pelanggan.

Pengelana hari ini melakukan lebih banyak penelitian tentang tujuan mereka daripada generasi sebelumnya, namun rentang perhatian mereka lebih pendek dari sebelumnya. Itu berarti membuat konten dengan cara yang memberikan informasi paling banyak dalam waktu sesingkat-singkatnya, sambil melibatkan pemirsa mereka. Mari kita lihat beberapa cara untuk melakukan hal itu.

1 – Snap on Snapchat

Jika ada satu jejaring sosial yang layak dipelajari sekarang, mungkin Snapchat. Artinya, jika Anda tertarik untuk menargetkan pelancong yang lebih muda (pikirkan: milenium, Gen Z). Ini adalah jaringan sosial yang paling cepat berkembang pada saat penulisan ini dan bisa sangat layak untuk digabungkan ke dalam strategi pemasaran sosial Anda.

Snaps adalah cuplikan singkat tentang apa yang terjadi di sini dan saat ini. Ini memberi Anda pandangan paling otentik tentang apa yang terjadi di balik layar di organisasi Anda. Wawasan ini bisa menjadi dasar hubungan tepercaya yang mengubah calon pelancong menjadi pelanggan yang membayar.

2 – Tweet on Twitter

Twitter adalah metode mencoba-dan-benar untuk mencapai calon pelancong. Tweet terdiri dari 140 karakter dan memungkinkan Anda menyuarakan tip perjalanan pendek, spesial, dan promo, atau bahkan foto dan video yang terkait dengan merek Anda.

Twitter adalah salah satu platform yang paling populer untuk mendengarkan sosial dan membangun layanan pelanggan media sosial. Jika Anda akan berpartisipasi, Anda harus memiliki pegangan Twitter aktif yang diperbarui secara rutin dengan konten yang menarik.

Untuk memanfaatkan setiap tweet, ingatlah untuk mempertimbangkan siapa Anda berbicara. Jangan mengirimkan tip perjalanan tentang tujuan Anda kecuali jika berlaku untuk personas yang Anda pemasaran. Misalnya, Anda tidak akan mengeposkan gagasan aktivitas perjalanan ramah keluarga jika Anda menargetkan pasangan untuk liburan romantis.

3 – Livestream di Facebook dan Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

Meskipun Anda mungkin sudah posting secara teratur ke akun Facebook atau Instagram Anda, pertimbangkan untuk terus hidup secara rutin untuk memberi pemirsa pandangan langsung pada apa yang terjadi di balik layar di industri pariwisata dan perjalanan. Video langsung menjadi lebih populer dan mendapat prioritas dalam newsfeed Facebook.

Pergi hidup adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian orang, pastikan Anda memiliki sesuatu yang menyenangkan dan menarik untuk dibagikan. Beruntung bagi Anda, merek perjalanan memiliki hal yang jauh lebih menarik untuk dibagikan daripada banyak merek lainnya. Apapun yang membuat brand Anda menyenangkan, unik, dan menarik, pastikan untuk membaginya dengan dunia!

4 – Engage LinkedIn Groups

Jika Anda melayani pelancong bisnis, kelompok LinkedIn adalah cara yang bagus untuk menjangkau dan menawarkan beberapa nilai tidak wajib kepada wisatawan yang mengunjungi kota atau kota Anda. Grup Linkedin ada bagi pengguna untuk berkumpul dan berbagi informasi tentang sebagian besar topik bisnis, termasuk perjalanan.

Kelompok-kelompok ini, bagaimanapun, ditunda oleh siapapun yang datang dengan maksud yang jelas untuk menjual diri mereka sendiri. Ingat bahwa mereka ada di sana untuk dijadikan tempat yang aman untuk berbagi informasi, dan hanya itu yang harus Anda lakukan di sana.

Alat untuk Membuat Pemasaran Sosial Media Pariwisata Anda Lebih Efektif

Ketika datang ke media sosial dan pemasaran pariwisata, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat pekerjaan Anda sedikit lebih mudah.

Hootsuite

Hootsuite adalah alat yang hebat untuk membantu mengoptimalkan aktivitas mendengarkan sosial Anda. Ini membantu Anda memantau beberapa jaringan sosial sekaligus, sehingga menghemat kerumitan untuk menyaring setiap platform setiap hari. Ini memiliki sejumlah fungsi lain yang akan membantu pemasaran media sosial Anda di seluruh papan, jadi pastikan lihat apakah sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat membantu organisasi Anda.

Final Thoughts

Media sosial dan pemasaran pariwisata tidak diragukan lagi merupakan pertandingan yang sempurna. Yang penting untuk diingat adalah, seperti pemasaran apapun, Anda harus konsisten. Buat konten menarik secara teratur, sering melakukan sosial mendengarkan, dan jika Anda memindahkan layanan pelanggan ke platform media sosial, pastikan untuk menanggapi semuanya secepat mungkin.

Jika merek Anda tidak sebagai media sosial cerdas, inilah saatnya untuk mulai belajar lingkungan ini. Media sosial hanya akan menjadi bagian yang lebih besar dari cara masyarakat kita berkomunikasi, yang berarti ia menjadi bagian yang bahkan lebih penting dari lanskap pemasaran.

Jika Anda seorang pemasar media sosial yang canggih, Anda sudah mengerti ini. Anda juga mengerti bahwa terserah Anda untuk tetap berada di depan kurva dan up to date dengan tren sosial yang paling populer. Mempelajari fungsi terbaru dari platform sosial Anda yang paling produktif harus tetap menjadi prioritas. Selalu menguji taktik baru dan berupaya mengoptimalkan cara memasarkan Anda di media sosial.

Media sosial dan pemasaran pariwisata niscaya akan menjadi bagian dari masa depan Anda. Terserah Anda untuk memutuskan berapa banyak!