Creative Campaign Bagi Perusahaan

2017-10-03 15:38:53  | by Team | Phuture Prime's News
featured image


Sangat penting bagi perusahaan atau suatu brand melakukan creative campaign. Creative campaign pada dasarnya sebuah kampanye yang dilakukan dengan inovasi-inovasi dan kreativitas. Menciptakan call to action dari audience dan akan selalu mengingat kampanye tersebut. Perlunya persiapan matang, agar tujuan dari kampanye tercapai.

Creative campaign diantaranya meliputi ad campaign, social media, event, branding.

Ad campain atau kampanye iklan merupakan rangkaian iklan terkait yang terkoordinasi dengan satu gagasan atau tema. Kampanye iklan biasanya disiarkan melalui beberapa saluran media. Ini mungkin berfokus pada tema dan produk yang sama, atau diarahkan ke segmen populasi tertentu. Kampanye iklan yang berhasil mencapai jauh lebih banyak daripada iklan sporadis, dan mungkin berlangsung dari beberapa minggu dan bulan sampai bertahun-tahun.

Perlu kreativitas tinggi untuk memperoleh kampanye iklan yang menarik, unik dan mampu memberikan dampak positif untuk jangka waktu yang lama.

Social media campaign; kampanye sosial adalah upaya pemasaran terkoordinasi untuk memperkuat atau membantu tujuan bisnis menggunakan satu atau lebih platform media sosial. Kampanye berbeda dari upaya media sosial sehari-hari karena peningkatan fokus, penargetan, dan kemampuan terukur mereka.

Sasaran harus diskrit dan terukur. Sebelum kampanye, dapatkan ukuran dasar metrik yang ditargetkan sehingga Anda dapat melacak perubahan dan kinerja selama kampanye dan seterusnya. Tujuan dibentuk oleh sarana, pesan dan target audiens. Demografi yang berbeda juga memiliki beragam preferensi untuk platform sosial media, jadi pilihlah platform yang sesuai dengan target audience Anda. Hal ini didukung dari penggunaan media sosial yang terus meningkat dan dampak yang ditimbulkan sangat besar. Perlu kehati-hatian ekstra dalam kampanye ini.

Event campaign, kampanye event dalam publisitas dimana kegiatan komunikasi terencana untuk memperoleh perhatian dan tujuan tertentu berupaya mempengaruhi publik sebagai sasaran target. Melalui event perusahaan dapat melakukan komunikasi langsung dan menjalin hubungan dengan publik.

Publik dapat berinteraksi dan menyampaikan isi hati mereka dan langsung ditanggapi oleh perusahaan.

Yang terakhir adalah Branding; terdiri dari kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam rangka proses membangun dan membesarkan suatu brand. Dalam kegiatannya tidak hanya sekedar membuat merek tersebut dikenal publik, namun juga untuk membangun reputasi yang baik beserta segala standarisasi yang harus dimiliki dan dipertahankan oleh perusahaan. Perlu berbagai kesiapan dalam proses pembangunan sebuah brand, atau biasa disebut sebagai brand building process.

Diperlukan konsistensi dari setiap aspek untuk melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan, dilakukan secara terus menerus, sesuai pada targetnya perlunya evaluasi pencapaian pada masing-masing aspek, mencari solusi dari setiap permasalahan yang timbul. Dan kembali melanjutkan program sesuai komitmen yang telah ditetapkan.

Pada setiap aspek tidak bisa berdiri sendiri, karena adanya kesinambungan satu sama lain. Tetapkan garis besar pada perencanaan awal, agar perencanaan-perencanaan berikutnya dapat lebih mudah.